Pesta Danau Toba 7-11 Oktober 2009 Siap Digelar





Parapat (SIB)
Persiapan teknis pelaksanaan Pesta Danau Toba (PDT) 2009 telah rampung. PDT 2009 tanggal 7-11 Oktober 2009 diperkirakan akan berlangsung sukses, sesuai hasil rapat koordinasi terakhir yang berlangsung di Hotel Parapat, Jumat (2/10).
Rapat koordinasi pelaksanaan PDT 2009 dihadiri panitia dan seluruh perwakilan pemerintah daerah sekawasan Danau Toba ditambah perwakilan dari Pemko Tebing Tinggi dan Pemko Medan. Peserta yang hadir terdiri dari Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon, Wakil Bupati Humbahas Marganti Manullang, Drs Robert Pardede Kadishub Simalungun, dan seluruh Kepala Dinas Pariwisata tujuh pemerintah daerah se kawasan Danau Toba dan Kepala Dinas Pariwisata Popinsi Sumatera Utara Hj. Nurlisa Ginting.
Kepala Dinas Pariwisata Porvinsi Sumatera Utara langsung memimpin jalannya rapat koordinasi teknis pelaksanaan PDT 2009 didampingi oleh Hery Virgo Sekretaris Umum Panitia dan dinyatakan bahwa seluruh persiapan pesta sudah rampung dan sudah siap di gelar.

Usai memimpin rapat Hj. Nurlisa Ginting menyampaikan harapan dan sekaligus menghimbau kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk hadir mengikuti PDT 2009. Karena momentum PDT 2009 adalah sangat penting dalam rangka membangun citra atau image pariwisata yang baik di Danau Toba. Melalui pelaksanaan PDT 2009 kita mampu membuktikan kepada publik bahwa daerah pariwisata yang kita miliki layak dan nyaman untuk dikunjungi oleh semua orang baik itu wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik, ujarnya.
Sebelumnya, Sujono Manurung mengatakan, bahwa pelaksanaan pesta Danau Toba 2009 sudah dipersiapkan dengan mantap, materi acara sudah dikemas sesuai dengan selera dan ciri khas kearifan masyarakat lokal, periapan sudah dilakukan dengan baik dan sudah siap untuk menggelar pesta. Pada saat hari pelaksanan dipastikan Gubernur Sumatera Utara bersama rombongan para menteri kecuali menteri Pariwisata akan hadir membuka langsung pelaksanaan Pesta Danau Toba tepat pada hari Rabu (7/9) di Parapat.
Lebih lanjut Sujono Manurung menyatakan bahwa pelaksanaan Pesta Danau Toba 2009 adalah momentum tumbuhnya kesadaran dan peran partisipasi dari seluruh warga masyarakat di Danau Toba dalam satu komitmen bersama untuk melanjutkan pengembangan dan pertumbuhan sektor pariwisata Danau Toba. Sehubungan dengan persiapan pelaksanaan Pesta Danau Toba 2009 peran partisipasi masyarakat sepertinya sudah mendapat dukungan yang baik dari pemerintah Daerah se kawasan Danau Toba. Diharapkan dengan adanya sinergi hubungan langsung antara partisipasi warga dengan kebijakan dari pemerintah, pelaksanaan pesta Danau Toba dapat dipastikan akan berlangsung setiap tahunnya dan dimungkinkan dapat menjadi kalender tetap setiap tahunnya, ujar Sujono.
Perisapan pelaksana Pesta Danau Toba 2009 yang sudah mantap dilakukan oleh Panitia mendapat tanggapan dan dukungan yang baik dari masyarakat pelaku pariwisata di Parapat Danau Toba. S Hutabarat (59) Ketua Organisasi Pengusaha Sejenis Kapal Wisata (OPS) Marihat Permai mengatakan bahwa Pelaksanaan Pesta Danau Toba adalah kesempatan yang sangat baik untuk mendorong tingkat kunjungan pariwisata ke Danau Toba. Berdasarkan Pengalaman bahwa Pesta Danau Toba dapat mendorong pertumbuhan tingkat kunjungan wisata ke danau toba, akan tetapi harus dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Melalui OPS Marihat Permai kami sangat mendukung pelaksanaan Pesta Danau Toba 2009 dan ikut berpartisipasi untuk melakukan pengembangan pariwisata Danau Toba melalui jenis usaha yang kami geluti setiap harinya.
Lebih lanjut S. Hutabarat mengatakan sudah menjadi kebiasaan bagi wisatawan Domestik akan datang berkunjung ke Parapat apabila ada even seperti Pesta Danau Toba, Pesta Rondang Bintang atau pada saat hari libur nasional, Libur Perayaan Idul Fitri, Hari Natal, Tahun Baru dan libur perayaan hari besar keagamaan lainnya. Sementara pada hari biasa tingkat kunjungan sangat sepi.
Lebih lanjut S Hutabarat mengakui bahwa pihaknya telah melakukan persiapan untuk menyambut pelaksanaan Pesta Danau Toba 2009, persiapan yang dilakukan meliputi penataan dan pembenahan seluruh armada usaha kapal pengangkutan yang tergabung di OPS marihat Permai, sementara persiapan ini sudah dilakukan jauh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Ujarnya.(hariansib 04102009)

1 Response
  1. ferdinand Says:

    wah..mudah2an saja pesta danau toba kali ini membawa berkat buat rakyat danau toba sekitarnya..n mudah2an warga sekitar danau toba menjaga keamanan dan kebersihan di lingkungan sekitar danau toba...tinggalkanlah kesan yang luarbiasa baik buat wisatawan dalam dan mancanegara...


Posting Komentar